RANGKAIAN KOMPARATOR

on Thursday 3 October 2013


Komparator Open Loop
Rangkaian komparator  open loop digunakan untuk membandingkan dua input op amp, outputnya hanya ada dua kondisi yaitu +Vsat atau –Vsat.
 

Rounded Rectangle: VOUT=-Vsat jika V1>V2
VOUT=+Vsat jika V1<V2


Bila tegangan pada input inverting (V1) lebih positif dari tegangan pada input non inverting (V2), maka outputnya akan sama dengan –Vsat.
Bila tegangan pada input inverting (V1) lebih negatif dari tegangan pada input non inverting (V2), maka outputnya akan sama dengan +Vsat.

Contoh :

1.   1. Diketahui Vsat untuk LM741 adalah  untuk tegangan sumber (Vs). Jika Vi1=-0.5 V dan Vi2=0 V, tentukan nilai Vo ???
 
 



Jawab :
   
 
 
 
Maka,  




1.      2. Sebuah komparator open loop diberi input gelombang segitiga seperti pada gambar dibawah. Gambarkan bentuk sinyal outputnya !
 

 




Jawab :

Komparator Closed Loop

























Jika pada komparator open loop nilai tegangan outputnya selalu +Vsat atau –Vsat, maka pada komparator closed loop nilai tegangan outputnya dapat kita atur sesuai keinginan kita dengan cara mengubah resistansi Ro dan Ri.
 
Oval: Jika V2=V1 ,maka Vo=0 
Jika V2<V1 ,maka Vo<0 
Jika V2>V1 ,maka Vo>0



Tegangan outputnya akan berlawanan phasa dan merupakan selisih antara kedua inputnya, dan ditentukan dengan persamaan :
 







Jika Ro1=Ro2=Ri1=Ri2,            maka :       Vout = V2 – V1


Komparator closed loop dapat memberikan penguatan jika perbandingan Ro1 dan Ri1 sama dengan perbandingan R02 dan Ri2 sehingga tegangan outputnya adalah :



 





Diketahui Vsat untuk LM741 adalah ± 13 V untuk tegangan sumber (Vs) ± 15V. Jika Vi1 = 3 V dan Vi2 = 4 V, Ri1=1KOhm, Ri2=3.3 Kohm, Ro1=10KOhm, Ro2=33K Ohm. Tentukan berapakah nilai Vo ?
 

Jawab :